Langsung ke konten utama

Review Hasil Investasi Reksadana di Bibit 1 Bulan Untungnya Lumayan Lho! Investasi Untuk Pemula

Halo teman-teman, selamat datang di Sobat Recehan, kali ini aku mau sharing tentang hasil investasi reksadana di Bibit selama 1 bulan. Aku tidak dibayar oleh pihak manapun jadi di sini aku murni pengen sharing aja. Buat kalian yang belum tahu Bibit merupakan sebuah Platform jual beli reksadana online, di aplikasi Bibit ini kita bisa mulai investasi reksadana hanya dengan Rp10.000,- saja terus bisa bayar pake Gopay juga pokoknya sangat dimudahkan. Reksadana ini sangat cocok untuk investor pemula dan ini pertama kalinya aku mencoba investasi reksadana hihihi yuk kita belajar bareng-bareng.

Untuk proses pendaftaran Bibit ini gampang banget kalian tinggal ikuti step by step nya, kalau kalian pengen download aplikasi Bibit bisa unduh di playstore klik link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bibit.bibitid 
Pada bagian tampilan/user interface aplikasi Bibit ini sangat bagus, sangat user friendly simpel menarik enak dilihat, tenang saja di Bibit terdapat tutorial berinvestasi, tutorial beli, tutorial jual dan info lainnya yang akan membantu para investor pemula jadi gak bakalan bingung gimana cara menggunakannya.

Oke aku mau bahas sedikit beberapa fitur di Bibit, yang pertama ada fitur Robo Advisor. Robo Advisor merupakan teknologi yang dapat membantu merancang portofolio investasi yang optimal berdasarkan umur, profil resiko dan tujuan hidup kamu secara otomatis, aku suka banget sama fitur ini karena kita bisa mendapatkan saran reksadana yang sesuai dengan profil resiko kita.
Kemudian ada fitur pembelian rutin agar kita bisa lebih konsisten dalam berinvestasi, bisa diatur sesuai kebutuhan kita misal investasi setiap bulan di tanggal 4, maka setiap tanggal 4 kamu akan mendapatkan notifikasi untuk melakukan pembayaran pembelian reksadana.
Lalu ada fitur support, kita bisa mengajukan pertanyaan atau meminta bantuan dan menurut saya responnya standar wkwk slow response enggak fast response juga enggak, cukup itu saja fitur yang saya bahas.

Masuk ke pembahasan inti, jadi di Bibit ada 4 pilihan reksadana yakni reksadana pasar uang, reksadana obligasi, reksadana saham dan reksadana syariah
Saya berinvestasi di reksadana pasar uang, reksadana obligasi dan reksadana saham dengan total dana sebesar Rp140.000, saya beli di tanggal 12 Juni 2020 dan baru diverifikasi tanggal 15 Juni 2020, pembelian kita akan diproses pada hari itu juga apabila telah melakukan pembayaran sebelum jam setengah 1 siang, jika lebih dari itu pembelian kita akan diproses pada hari berikutnya (Senin-Jumat).

Untuk reksadana pasar uang saya berinvestasi di TRIM Kas 2 sebesar Rp30.000, reksadana obligasi saya berinvestasi di Schroder Dana Mantap Plus II sebesar Rp100.000, untuk reksadana saham saya berinvestasi sebesar Rp10.000 di BNI-AM Indeks IDX30
*bukan suatu ajakan untuk membeli produk reksadana yang sama kayak aku ya guys, jangan ikut-ikutan orang lain hihi*
Lalu saya mendapatkan cashback sebesar Rp53.500 (bisa didapatkan dengan memasukkan kode referral waktu proses pendaftaran atau membagikan kode referral). Cashback tersebut masuk ke reksadana obligasi Majoris Sukuk Negara Indonesia, jadi total investasi ku sebesar Rp193.500


Reksadana Pasar Uang: TRIM Kas 2

Reksadana Obligasi: Schroder Dana Mantap Plus II

Reksadana Saham: BNI-AM Indeks IDX30

Dari Cashback
Reksadana Obligasi: Majoris Suku Negara Indonesia 

Setelah 1 bulan (15 Juli 2020) investasi saya mendapatkan imbal hasil sampai 1,96%

Imbal hasil mencapai 1,96% kurun waktu 1 bulan

Imbal hasil Reksadana Pasar Uang sebesar 0,28%

Imbal hasil Reksadana Obligasi sebesar 1,93%
Imbal hasil Reksadana Saham sebesar 7,29% 


Update terakhir 24 Juli 2020 investasi saya mendapat imbal hasil sebesar 2,6%

Imbal hasil mencapai 2,6%

Imbal hasil Reksadana Pasar Uang mencapai 0,36%
Imbal hasil Reksadana Obligasi mencapai 2,79%

Imbal hasil Reksadana Saham sebesar 6,42%


Buat yang pengen dapet cashback Rp25.000 untuk pengguna baru, kalian bisa masukkan kode referral Bibit milik siapa saja ketika mendaftar, pake punya ku juga bisa banget bebb haha. Cashback Bibit untuk pengguna baru berubah dari yang sebelumnya Rp50.000 menjadi Rp25.000 guyss.. 
Kode Referral Bibit = sobatrecehan
masukkan kode referral pada saat pendaftaran supaya mendapatkan cashback, cashback dapat diklaim pada saat pembelian reksadana

🌵Kesimpulan🌵
  1. Investasi reksadana saya bertumbuh sebesar 1,96% (hampir 2% 😄) dalam kurun waktu 1 bulan saja.
  2. Reksadana pasar uang pertumbuhannya paling lambat namun paling stabil alias dia naek terus gak bakal minus deh kalo beli ini, dalam kurun waktu 1 bulan imbal hasil yang diperoleh sebesar 0,28%.
  3. Reksadana Obligasi pertumbuhannya lebih cepat dari reksadana pasar uang namun lumayan fluktuatif, imbal hasil yang saya peroleh dalam kurun waktu 1 bulan adalah sebesar 1,93%.
  4. Reksadana Saham pertumbuhannya yang paling fluktuatif namun memberikan imbal hasil yang paling besar, imbal hasil yang saya peroleh dalam kurun waktu 1 bulan sebesar 7,29%.

Cukup sekian ya semoga bisa jadi referensi kalian yang mau mulai investasi reksadana, makin cepat memulai makin cepat panen salam cuan semuanyaaa!!!
Maaf bila ada kalimat yang kurang bisa dipahami silahkan beri kritik dan saran yang membangun yaa ❤️🌷💐

🍀Untuk bagaimana cara aku memilih produk reksadana akan aku share di lain kesempatan🍀

Komentar

Posting Komentar